BREAKING NEWS

Batik Tanah Liek

Kesehatan

Hukum

Tuesday 19 May 2015

Maksimakan Penyerapan Lulusan SMK

Padang-Kesuksesan lulusan siswa SMK mendapatkan pekerjaan tak semata atas kemampuan skill yang dimiliki, namun juga keaktifan mereka mencari informasi di Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK.

Pemko Padang juga semakin mempersiapkan BKK yang ada di Kota Padang dengan memberikan bimbingan teknis untuk pengelola BKK tersebut. Bimtek dilakukan selama 2 hari, 18-19 Mei di aula diklat dinsosnaker yang diikuti sebanyak 40 peserta.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padang, Frisdawati Amran Boer didamping Kabid Pentalatas kepada wartawan, Senin (18/5) di sela-sela pembukaan mengatakan, kurikulum SMK yang mengacu pada kesiapan lulusan sebagai tenaga kerja siap pakai dengan keterampilan khusus maka BKK lebih banyak mengarahkan siswa untuk terjun ke dunia kerja.

Pada kenyataannya sebagian siswa merasa belum siap untuk memasuki bekerja. Kecemasan akan kemampuan mereka sendiri membuat mereka kurang yakin untuk berkarir. BKK diharapkan mampu menyalurkan tenaga kerja dan juga memotivasi lulusan, sehingga mereka yakin dengan kemampuannya dan siap berkarir di dunia kerja dengan bekal keterampilan yang mereka peroleh salama menempuh pendidikan di kejuruan.

"BKK sebagai lembaga yang diperuntukan guna penyaluran tenaga kerja lulusan SMK mempunyai pengaruh besar dalam penentuan karir dan penempatan kerja siswa setelah lulus. BKK dalam perannya memberikan bimbingan karir kepada siswa, meliputi bekerja dan studi lanjut,"ujar Frisdawati.

Lalu Hendry mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pedoman kepada pengelola bursa kerja khusus tentang tentang cara dan pengelolaan BKK yang sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Sasaran dari kegiatan tersebut, 40 orang pengelola BKK yang terdiri dari 20 SMK yang ada di Kota Padang. Materi pelatihan, kebijakan ketenagakerjaan Kota Padang, sistem antar kerja, kebijakan Ditjen Binapenta pada BKK.

Lalu, pengelolaan bursa kerja khusus di Kota Padang dan pengenalan dan simulasi IPKOL pada BKK. Pada acara tersebut juga terjadi tanya jawab yang terungkap banyak keterampilan yang diberikan kepada siswa SMK kurang relevan lagi dengan kebutuhan pasar kerja.****

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Sumbar Terkini
Share on Blogger Template Free Download. Powered byBlogger